Cara Mengangkat dan Menyelamatkan Data dari HardDisk Rusak



Mengangkat dan menyelamatkan data dari harddisk sebenarnya merupakan dua istilah yang berbeda. Mengangkat data pada harddisk merupakan istilah yang digunakan untuk memunculkan kembali data yang telah hilang, seperti terhapus atau terformat sehingga data bisa diselamatkan. Dengan teknik ini data yang sudah hilang pun bisa ditemukan bahkan semenjak harddisk pertama kali diisi data, makanya jangan heran jika anda membeli harddisk second kemudian mengangkat data anda menemukan file-file asing milik orang lain yang pernah memakai harddisk anda.
Untuk mengangkat data diperlukan software khusus seperti get data back, lost and found, atau software sejenis. Dan biasanya mengangkat data diperlakukan untuk harddisk dengan kondisi nyala atau masih hidup, sedangkan untuk harddisk yang mati diperlukan perlakuan khusus terlebih dahulu dan hanya teknisi yang terbiasa melakukannya. Ayo hubungi Bengkel Cakra aja.... :)

Sementara menyelamatkan data biasanya di pakai untuk istilah ketika data masih ada atau sudah ada setelah diangkat, biasanya istilah ini dipergunakan ketika OS komputer akan di install ulang setelah mengalami trouble atau data anda dipindahkan ke harddisk eksternal sebagai data cadangan.

Nah sekarang saya akan berbagi trik sederhana untuk menyelamatkan data ketika harddisk anda bermasalah, misalnya mati total atau berbunyi seperti orang makan batu, kletak kletuk kletik.... :). Trik ini dapat anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk mendatangi servis centre, biasanya saya melakukan trik ini sebelum memberikan perlakuan khusus untuk menyelamatkan data pada harddisk mati.

Silahkan anda persiapkan peralatan-peralatan berikut ini:
1. Komputer dalam keadaan nyala, usahakan jangan menggunakan Laptop.
2. Perangkat untuk membongkar dan membersihkan harddisk rusak anda, diantaranya Obeng, Kuas atau sikat gigi, contac cleaner (pembersih elektronik)
3. Alas seperti karpet atau dus bekas, anda juga bisa menggunakan sandal jepit.
4. Kabel sata jika Harddisk anda sata.
5. Converter USB to HDD cable. Powernya kita ambil dari komputer, bukan dari adaptor bawaan converter.
Kita tidak menggunakan adaptor bawaan, sebab menurut pengalaman pribadi, power dari komputer lebih bagus karena ground-nya dua, sementara adaptor converter ground-nya cuma satu, silahkan cek.

Prinsip dasarnya kita akan menjadikan harddisk rusak kita menjadi harddisk external, sebab tujuan kita hanya untuk menyelamatkan data saja.

Coba anda simak beberapa langkah sederhana berikut:
Cara pertama; Bersihkan suluruh bagian harddisk dengan kuas atau sikat gigi, sebelumnya semprotkan contact cleaner pada bagian boot harddisk, biarkan mengering dan diamkan beberapa saat. Jika sudah siap, pasangkan converter pada HDD ambil power dari PS komputer, pegang dengan tangan dan sambungkan melalui USB bagian belakang bukan USB depan. Jika terdeteksi segera copy -kan data anda, biasanya nyala HDD tidak akan bertahan lama.
Cara kedua; Jika harddisk anda mati total, anda bisa mencoba mengganti didoda power pada mainboat hard disk, jika cara ini berhasil harddisk anda bahkan bisa menjadi normal kembali seperti sediakala. Panduan atau tutor mengganti dioda ada pada artikel lain di blog ini, silahkan masukkan kata kuncinya pada bagian pencarian diatas.

Cara ketiga; Anda bisa memanaskan chipset motherboard harddisk dengan solder uap, pastikan anda mencopotnya terlebih dahulu dari harddisk, kami di toko, biasanya melakukan hal ini sebelum mengganti motherboard harddisk.
Cara keempat; Saya akan share cara ekstrim, tapi tidak untuk ditiru, terserah anda. Saya pernah memasukkan harddisk laptop ke dalam lemari es selama kurang lebih satu jam, asumsinya saya ingin membekukan beberapa bagian likuid atau kotoran yang mungkin mengendap di bagian harddisk. Kenyataanya harddisk tersebut mempu menyala, sekitar 20 menit sebelum akhirnya mati total, tapi waktu tersebut sudah cukup untuk menyelamatkan data.
Jika anda ingin mencoba cara ini, pastikan harddisk anda dibungkus dengan plastik dengan sangat rapat, agar uap air tidak masuk.

Itu hanyalah beberapa cara saja yang mungkin bisa dipraktekan dirumah sendiri. Pada kenyataanya kami juga pada akhirnya sering mengganti board harddik yang datanya akan diselamatkan, maka itu sebabnya harga untuk mengangkat data menjadi sangat mahal, sebab terkadang kami harus menggantinya dengan board baru, artinya segel distributor hilang, dan biaya inilah yang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh Label kemasan makan dan minuman

Jasa Desain digital printing mmt, spanduk, billbord, neonbox

Service komputer laptop notebook Blora Cepu